Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Swap Memory Pada CentOS/RHEL 7

 Cara Menambahkan Swap Memory Pada CentOS/RHEL 7 - Masih tutorial - tutorial tentang server CentOS/RHEL, karena kedua distribusi linux ini adalah distribusi linux yang paling banyak digunakan dalam dunia industri dalam semua bidang untuk dijadikan sebagai server production mereka.

Thumbnail Artikel
Pada keluarga linux, terdapat perbedaan dari sistem operasi lain, yaitu pada semua distribusi linux terdapat swap memory. Singkatnya, swap memory adalah virtual memory / virtual RAM yang digunakan oleh sistem operasi sebagai RAM tambahan pada sistem operasi untuk menjalankan program. Sebenarnya swap mmeory ini sudah terinstall dari awal kita menginstall sistem operasi terutama CentOS ataupun RHEL, namun bagaimana jika kita membutuhkan lebih banyak swap memory?

Tutorial


Untuk menambahkan swap memory, pastikan kalian memiliki disk kosong yang terpasang pada server ataupun sisa disk existing yang dapat dijadikan partisi sendiri untuk swap memory. Pada tutorial ini saya memiliki 3 disk fisik kosong, namun saya akan membuat partisi dari salah 1 disk agar lebih efektif, karna jika memakai 1 disk hanya untuk swap memory menurut saya itu sebuah pemborosan.

Disk Server
Dari ketiga disk diatas, saya akan memakai disk /dev/sdb dan membuat partisi sebesar 4 GB yang mana partisi tersebut nantinya akan dijadikan sebagai swap memory.

  • Buat partisi dengan command berikut, (disini studi kasus saya menggunakan disk fisik /dev/sdb
fdisk /dev/sdb

  •  Setelah masuk ke terminal fdisk tersebut, ketik "n" -> enter untuk membuat partisi baru, setelah itu ketik "p" -> enter untuk menjadi partisi yang akan dibuat menjadi partisi primary, setelah itu masukan angka untuk menentukan partisi baru ini menjadi partisi ke berapa (ini bisa langsung enter saja mengitu default), setelah itu langsung enter mengikuti default saja pada pemilihan first sector, setelah itu pada last sector dapat diisi berapa besaran partisi yang ingin dibuat, pada kasus ini saya ingin membuat 4GB maka dituliskan "+4G" -> enter, secara gambar akan seperti berikut :
Membuat Partisi
  • Setelah itu apakah sudah selesai membuat partisinya? tentu belum, ketik "t" -> enter untuk mengubah tipe partisi disk yang dibuat sebelumnya, ketik "L" -> enter untuk melihat tipe - tipe apa partisi apa saja yang ada, untuk membuat swap memory ketik "82" -> enter
Tipe Partisi
  • Setelah semua selesai, ketik "w" -> enter untuk menyimpan partisi sekaligus keluar dari terminal konfigurasi partisi.
  • Lalu jalankan command berikut untuk memformat partisi agar dapat dimounting menjadi swap memory
mkswap /dev/sdb1

  • [Optional] Untuk membuat agar swap memory ini menjadi persistent atau akan automounting saat server reboot edit file /etc/fstab dengan command
vi /etc/fstab

Lalu tambahkan konfigurasi 

/dev/sdb1                            swap                      swap             defaults           0 0

Atau dapat dilihat seperti dibawah ini

Konfigurasi /etc/fstab

  • Setelah itu jalan kan command dibawah ini untuk mounting partisi yang sudah dibuat
mount -a

  • Sampai sini memory swap belum aktif, baru kita format dan mounting saja, sebelum diaktifkan, bisa dilihat terlebih dahulu existing swap memory pada server untuk validasi apakah berhasil atau tidak dengan menjalankan command
free -mh

Memory Existing

  • Untuk mengaktifkan swap memory yang kita buat sebelumnya jalankan command berikut
swapon /dev/sdb1

  • Lalu jalankan kembali command dibawah untuk validasi apakah sudah bertambah atau belum
free -mh

Memory Setelah Ditambah

 Terlihat pada gambar diatas, sebelum ditambahkan besaran swap memory pada server saya adalah sebesar 7,9GB, dan setelah ditambahkan menjadi 11G.

Mungkin itu saja untuk artikel saya pada kali ini, semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk kalian. Informasi tambahan menambahkan swap memory ini adalah salah satu objektif utama dalam mendapatkan RHCSA (Red Hat Certified System Administrator), bagaimana saya tau? karena belum lama ini saya baru saja menjalani ujian dan lulus RHCSA. Itu juga alasan saya mulai menulis tutorial - tutorial tentang CentOS/RHEL untuk sharing dan terutama untuk diri saya sendiri agar tidak lupa terhadap materi - materi tersebut.

 

 

 






1 komentar untuk "Cara Menambahkan Swap Memory Pada CentOS/RHEL 7"