Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Hostname Proxmox PVE

 Cara Mengganti Hostname Proxmox PVE - Saat ini setiap kegiatan sudah banyak bergantung pada aplikasi, dalam membangun sebuah aplikasi tentu membutuhkan server sebagai wadah dari aplikasi tersebut untuk berjalan. Dengan banyaknya aplikasi yang dibutuhkan akan berbanding lurus dengan banyaknya sebuah server yang dipasang, solusi dari kebutuhan banyaknya kebutuhan server adalah dengan membangun VM (Virtual Machine). 

Proxmox Logo

VM menjadi sebuah solusi untuk membangun server secara virtual dalam sebuah server fisik, dengan ini tentu akan membuat ruang dalam rak server menjadi efektif. Salah satu PVE (Platform Virtual Environment) yang populer adalah Proxmox PVE. Karena Proxmox PVE ini bersifat open-source sehingga pengguna tidak perlu membayar sepeserpun untuk memakai layanan proxmox.

Namun pada saat instalasi, terkadang kita tidak memikirkan hostname apa yang digunakan, namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya perangkat yang sudah kita pasang, kita akan terpikir untuk membuat seragam dari semua perangkat yang kita pasang agar lebih mudah dalam me-manage perangkat - perangkat tersebut. Pada Proxmox PVE, mengubah hostname tidak hanya sekedar menjalankan sebuah command, namun ada beberapa step-by-step yang harus diterapkan, dengan tutorial sebagai berikut.

Tutorial


Pada dasarnya, proxmox ini berbasis debian, sehingga command yang dijalankan sama persis seperti debian, maupun ubuntu. Pada tutorial ini, saya mengubah hostname proxmox menjadi PVE1-SERVERFARM dari hostname awal adalah PROXMOX.
  • Jalanakan command untuk mengubah hostname seperti biasa
hostnamectl set-hostname PVE1-SERVERFARM

  • Untuk mengubah hostname tidak hanya sampai disitu, tambahkan hostname baru ke dalam /etc/hosts pada baris ip local server, pada tutorial ini ip server adalah 192.168.100.1, dengan isi dari file konfigurasi /etc/hosts adalah sebagai berikut
127.0.0.1 localhost.localdomain localhost
192.168.100.1 PVE1-SERVERFARM PROXMOX pvelocalhost

# The following lines are desirable for IPv6 capable hosts

::1     ip6-localhost ip6-loopback
fe00::0 ip6-localnet
ff00::0 ip6-mcastprefix
ff02::1 ip6-allnodes
ff02::2 ip6-allrouters
ff02::3 ip6-allhosts

  • Setelah semua langkah diatas selesai, restart server proxmox, dan tunggu bootup
  • Proses bootup setelah mengganti hostname tersebut akan berjalan cukup lama, yaitu 10 - 30 menit.
  • Setelah bootup, cek di dalam direktori /etc/pve/nodes/, akan terlihat 2 direktori dengan nama direktori hostname lama dan hostname baru
  • Pindahkan semua file dengan format .conf dalam /etc/pve/nodes/<old-hostname>/qemu-server/ ke /etc/pve/nodes/<new-hostname>/qemu-server/
mv /etc/pve/nodes/PROXMOX/qemu-server/* /etc/pve/nodes/PVE1-SERVERFARM/qemu-server/

  • Sudah selesai untuk langkah - langkah untuk mengganti hostname dari Proxmox PVE, melakukan pengecekan kembali dengan mengakses dashboard dari proxmox, apakah sudah berjalan dengan normal atau belum.
Sekian untuk tutorial Cara Mengganti Hostname Proxmox PVE, silahkan berkomenter untuk hasil dari tutorial ini ataupun bertanya jika ada kendala. Terimakasih!




Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Hostname Proxmox PVE"