Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olimpiade TIK Nasional 2016

Pengenalan Olimpiade TIK Nasional 2016





 Olimpiade TIK Nasional 2016 - Dalam kegiatan Olimpiade TIK Nasional 2016 ini. Olimpiade ini memiliki Tema ICT(Information Communication Techonology) For All, cara mendaftar untuk mengikuti olimpiade ini bisa di kunjungi website www.kogtikk.or.id, cara pendaftarannya sangat mudah, yang sangat diperlukan hanyalah nama lengkap, nomor telelpon, email, alamat, asal sekolah, dan ada beberapa tambahan beberapa untuk masing masing perlombaan. Ada berbagai macam lomba yang diadakan, lomba lomba yang diperlombakan ialah :
  • Membuat Games
  • Desain Web
  • Menulis Kegiatan di Blog
  • Robotik
  • Menggambar Digital
  • Membuat Film Pendek
  • Presentasi Menarik
  • Mengetik Cepat
Lomba lomba tersebut diadakan pada hari Jum'at tanggal 6 Mei 2016 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung F lantai 6, lomba ini bertaraf nasional, maksudnya peserta yang mengikuti Olimpiade TIK Nasional 2016 ini berasal dari seluruh daerah di Indonesia.


Jenis Jenis Perlombaan


  1. Membuat Games 
 Lomba ini diikuti oleh tingkat SMP - SMK, dalam perlombaan ini, keahlian kita dalam membuat game diuji. Dalam membuat game ini, dilarang membuat game yang ada adegan kekerasan, tumpahan darah, dan hal hal yang menjijikan. Dalam membuat game ini, harus membuat game yang bergenre Education, atau tentang pengetahuan yang memberikan nilai postif dan dampak positif bagi yang bermain game tersebut.



        2. Desain Web

Dalam perlombaan Desain Web yang diadakan dalam Olimpiade TIK Nasional 2016 ini, diikuti oleh peserta dengan tingkatan SMA/SMK, dalam perlombaan ini, peserta diwajibkan membuat sebuah website dan menghiasnya seindah dan serapih mungkin. Dalam perlombaan ini, peserta dibolehkan mendesain sebuah web menggunakan Notepad atau pun Dreamweaver. Tetapi, jika menggunakan dreamweaver pengerjaan dalam mendesain sebuah website akan menjadi lebih mudah.






       3. Menulis Kegiatan di Blog
Lomba yang diadakan dalam Olimpiade TIK Nasional 2016 ini, diikuti oleh peserta lomba dengan tingkatan SMP - SMA/SMK, dalam perlombaan ini, peserta diwajibkan untuk menulis sebuah artkel yang berhubungan dengan kegiatan Olimpiade TIK Nasional 2016 yang bertemuka ICT For All, peserta tidak boleh menulis artikel diluar dari tema yang ditentukan dalam waktu 2 jam.

  



       4. Robotik
Ini adalah lomba dimana keahlian kita dalam membuat sebuah robot diuji, dalam perlombaan ini, peserta harus membuat sebuah robot dengan tema yang ditentukan oleh panitia dan diberi waktu sesuai ketentuan dari panitia dan juri, peserta yang mengikuti lomba ini adalah tingkatan SMP - SMA/SMK. Robot robot tersebut akan ditampilkan atau dipamerkan sesuai kegunaannya masing masing.

  


        5. Menggambar Digital
Lomba ini diikut sertakan oleh Siswa/i tingkat SD - SMP, peserta di wajibkan menggambar sesuai instruksi dari panitia perlombaan, misal panitia  membuat sebuah bola nah peserta juga harus membuat bola serapih mungkin atau semirip mungkin dengan apa yang dibuat oleh panitia, dan diberi waktu lamanya sesuai dengan ketentuan panitia dan juri.





         6. Membuat Film Pendek
Dalam membuat film pendek ini,peserta harus membuat sebuah film dengan tema tertentu yang ditentukan oleh panitia, peserta harus membuat film sekreatif mungkin dan sebagus mungkin dalam penngambilan gambar nya, jika kamu mengambil jurusan Broadcasting, maka kamu memiliki kesempatan untuk unjuk keahlian kamu disini.

         7. Presentasi Menarik

Dalam mengikuti lomba ini, peserta harus memiliki percaya diri yang tinggi, karena dalam menyampaikan sebuah presentasi, harus membuat audience tertarik atau terus fokus dalam apa yang dia sampaikan, jangan sampai seorang audience itu merasa bosan dengan apa yang kita sampaikan dan apa yang kita sampaikan harus komunikatif, atau bahasa yang dipakai harus mudah dimengerti oleh audience.

         8. Mengetik Cepat
Dalam lomba ini, peserta diuji dalam skill mengetiknya, jadi dalam lomba ini peserta harus mengetik secepat mungkin dan tanpa ada kata yang salah, dengan tema yang ditentukan oleh panitia atau juri. Dalam lomba ini, kita harus terbiasa dalam mengetik, jari jari kalian harus terbiasa mengetik di keyboard.


Sekian dari saya tentang OTN2016 ini,, silahkan share di twitter dengan hastag #OTN2016 dan #BlogOTN2016

Jangan lupa kunjungi Blog ini ya ! 

Posting Komentar untuk "Olimpiade TIK Nasional 2016"