Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Fiber Optic ?

Apa Itu Fiber Optic ? - Jika kalian pernah melihat galian galian dipinggir jalan untuk pemasangan atau instalasi fiber optic, kalian melihat bahwa disitu memakai selang selang yang besar bukan?  Jika kalian penasaran tentang apa itu fiber optic, maka kalian tepat sekali membaca artikel ini...

Sebenarnya, apa sih fiber optic itu?, seberapa cepat kecepatannya?, kenapa pakai selang yang sangat besar untuk memasang nya?. Mungkin itu adalah pertanyaan kalian saat ini tentang fiber optic, nah pada artikel ini saya akan menjelaskannya.


Fiber Optic adalah transmisi atau sejenis kabel, tetapi unik nya fiber optic ini dengan kabel kabel lain adalah, jika kabel lain menggunakan tembaga, tapi fiber optic ini menggunakan kaca, iya kaca yang biasa ada di jendela itu :D. Jika tembaga itu sudah jelas menyalurkan data melewati aliran listrik, tetapi di fiber optic ini, penyaluran data itu menggunakan sinar laser, sinar laser ini tidak berjalan lurus dari device ke device, tetapi sinar laser ini dipantul pantulkan dari kaca ke kaca sehingga akhirnya sampai ke device tujuan. Kaca yang ada di dalam kabel ini berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya untuk memantulkan laser tersebut.


Kecepatan fiber optic ini adalah bisa mencapai 200.000Mbps (200Gbps). Kecepatan yang sangat hebat, siapa yang tidak mau memiliki kecepatan internet hingga  200Gbps, kita sudah mempunyai kecepatan 10Mbps saja sudah riang sekali bukan :D. Kecepatan fiber optic ini disebabkan karena meda transmisinya menggunakan cahaya, sebagaimana kita tahu kecepatan cahaya adalah kurang lebih 500.000Km/s. Jadi wajar saja kalau fiber optic ini mempunyai kecepatan yang fantastis

Jika kalian bingung saat kalian melihat ada instalasi fiber optic dipinggir pinggir jalan itu menggunakan selang yang sangat tebal dan keras, itu karena fiber optic itu bersifat rentan terhadap tekukan, sehingga fiber optic mudah sekali patah karena bahannya adalah kaca yang sangat tipis, sehingga harus berhati hati saat memasangnya. Maksimal tekukannya-pun tidak boleh melewati 90 Derajat, jika lebih dari 90 derajat maka kemungkinan besar fiber optic akan patah, sehingga tidak berguna lagi. Sangat rugi juga kalau fiber optic sampai patah karena harga permeternya fiber optic yang memiliki 12 Core itu harganya 40.000/Meter. Ingat 1 METER, sedangkan yang dibutuhkan untuk instalasi fiber optic itu dari rumah ke rumah, bisa memakan biaya yang banyak.



Struktur Fiber Optic





  1. Buffer Coating, ini adalah lapisan terluar dari fiber optic, lapisan ini guna menjaga bagian dari dalam kabel dari kerusakan akibat lengkungan kabel atau udara yang lembab. 
  2. Cladding, lapisan ini adalah yang melapisi atau melindungi langsung bagian core atau bagian intinya. Selai berfungsi untuk melindungi core, cladding juga berfungsi untuk memantulkan cahaya yang akan digunakan sebagai transmisi data
  3. Core, nah bagian ini adalah bagian terpenting dari fiber optic, core ini adalah kaca nya, yang akan menjadi jalur dari data yang akan lewat. Diameter dari core ini adalah 120 Mikrometer, ya tahu lah ukuran segitu tentunya jika dilihat ukurannya sangat kecil. 



Posting Komentar untuk "Apa Itu Fiber Optic ?"