Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri (Force Close)

Mengatasi Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri (Force Close) - Pada zaman modern saat ini. device android sudah sangat mendunia yang dimana mana semua orang orangnya sudah memakai android.

Mengatasi Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri (Force Close)

Android ini sudah dipakai dari yang masih kanak kanak sampai yang sudah usia lanjut pun masih ada yang memegang android ternyata, dan bahkan android ini juga sudah banyak dipakai oleh orang orang kalangan bawah seperti saya ini hehe..

Lalu, pernahkah anda mengalami aplikasi tiba tiba terhenti saat sedang kita mainkan? contohnya misalkan kita lagi chattingan sama doi (ehem..), saat doi udah bales dan kita ingin membalas chattannya, eeehhh aplikasinya tertutup itu sungguh hal yang sangat bikin kesal bukan? Apa lagi kalau kita sedang bermain game, contohnya Mobile Legend, COC, atau game online lainnya, saat kita sedang war dan sedang asik menghabiskan musuh, saat kita sudah berada diambang kemenangan, tiba tiba aplikasi terhenti tanpa alasan yang jelas, itu sungguh membuat kita tidak nyaman dan sangat kesal saya pun juga merasakan seperti itu.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi hal tersebut? apakah itu sudah takdir kita kalau aplikasi harus terhenti terus saat sedang dipakai? Tentu tidak, saya mempunyai beberapa cara yang bisa kalian praktikan secara langsung di android kalian, cara tersebut saya sudah coba untuk aplikasi yang sering tertutup secara paksa di android saya, dan alhamdulillah sekarang aplikasi tersebut sudah jarang tertutup. Mau tahu bagaimana caranya? berikut adalah beberapa faktor dan cara menanganinya.


Faktor Faktor Aplikasi Tertutup Paksa

1. Spesifikasi yang ada pada smartphone atau android kalian tidak memumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut (Yang sering force close). Kenapa bisa terjadi? ya karena setiap aplikasi yang tersedia di playstore ataupun tempat tempat download lain mempunyai minimum spesifikasi dan recommend spesifikasi, maksudnya minimum spesifikasi adalah minimal spesifikasi android untuk menjalankan aplikasi tersebut, dan maskudnya recommend spesifikasi adalah rekomendasi spesifkasi android untuk menjalankan aplikasi tersebut secara optimal atau berjalan dengan lancar.

2. Bisa jadi aplikasi yang sering tertutup itu masih dalam status Beta atau dalam masa percobaan, wajar saja jika aplikasi yang masih dalam masa beta akan tertutup secara otomatis karena biasanya aplikasi yang masih dalam masa beta itu masih terdapat banyak bug sehingga masih kurang nyaman untuk dimainkan atau dipakai.

3. Data data aplikasi yang serin tertutup tersebut kurang lengkap, kenapa? karena bila ada data yang tidak ada atau data dalam satu aplikasi hilang satu saja, maka aplikasi tersebut akan tertutup secara paksa saat aplikasi tersebut ingin mencari data yang hilang tersebut.

4. Atau mungkin RAM dan CPU kalian itu penuh, berbeda dengan pernyataan nomor 1, maksud pernyataan nomor 4 ini adalah, RAM dan CPU kalian bisa saja penuh, karena kalian sudah membuka aplikasi aplikasi lain dan tidak menutupnya secara keselurahan, bahkan biasanya hanya di minisize dengan menekan tombol "Home". Jadi secara otomatis jika RAM dan CPU dalam keadaan penuh dan tidak bisa menyimpan data lebih banyak lagi maka aplikasi tersebut akan terhentiKoneksi internet yang tiba tiba terputus ternyata bisa menjadi faktor apikasi terhenti secara otomatis, tapi faktor terakhir ini hanya berpengaruh pada aplikasi aplikasi online, seperti game online COC,Mobile Legend,dll ataupun aplikasi Live Streaming seperti BigoLive ataupun sejenisnya .

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close

1. Cobalah untuk restart atau reboot smartphone kalian

Cara ini adalah cara pertama yang harus kalian coba jika aplikasi nya tiba tiba terhenti, mengapa? Karena saat reboot ataupun restart semua system berjalan dari ulang sehingga RAM dan CPU kalian kembali kosong, dan memungkinkan kalian bisa mengakses aplikasi yang tiba tiba terhenti tadi

2. Download data aplikasi dari situs resmi nya

Mengapa saya menjadikan ini sebagai salah satu cara mengatasinya? Maksudnya apa download data dari situs resminya? Maksudnya begini, biasanya kalian itu mendownload aplikasi lalu kalian mendownload data obb nya dari luar atau dari website website tidak terpercaya, yang bisa jadi data data tersebut belum pasti lengkap, bisa saja ada data yang hilang sehingga menyebabkan aplikasinya terhenti

3. Cobalah update aplikasi yang sering terhenti tersebut

Downloadlah update-an aplikasi yang sering terhenti tersebut, karena biasanya update-an dari aplikasi itu ada perlengkapan data data yang sebelumnya tidak ada yang menyebabkan aplikasi terhenti. Jangan download update-an dari situs situs tidak resmi takutnya hasilnya akan sama saja



Ya, itu beberapa trik saya untuk menangani aplikasi yang sering terhenti, semoga berhasil dan jika ada yang mau kalian tanyakan silahkan di form komentar, dan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar juga hehe...

1 komentar untuk "Mengatasi Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri (Force Close)"