Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu TCP dan UDP Dalam Jaringan Komputer?

Apa itu TCP dan UDP Dalam Jaringan Komputer? - Dalam sebuah sistem komputer terdapat banyak port yang mempunyai masing masing fungsinya, seperti port 80 dan 443 untuk menampilkan sebuah halaman website, port 22 untuk layanan SSH  agar dapat bisa mengendalikan sebuah perangkat by remote, dan masih banyak lagi port - port yang ada dalam jaringan komputer untuk menjalankan layanannya masing - masing.

source : northvpn.com

Dari banyaknya port yang terdapat dalam jaringan komputer, port - port yang ada tersebut terbagi menjadi 2 jenis protokol berdasarkan cara mengirimkan sebuah data, yaitu protokol TCP dan UDP. 

Pengertian TCP dan UDP


TCP atau singkatan dari Transmission Control Procotol, adalah sebuah protokol yang memungkinkan setiap komputer dapat saling berkomunikasi untuk melakukan pertukaran data dengan mudah dalam suatu jaringan.

Sedangkan UDP atau singkatan dari User Datagram Protocol, adalah sebuah protokol yang memiliki karakterisikan unreliable, atau melakukan sebuah pertukaran data tanpa memerlukan adanya sebuah konektifitas antar komputer atau host dalam sebuah jaringan TCP/IP. Protokol UDP ini sering digunakan dalam pada platform streaming video dikarenakan protokol ini memang lebih unggul dalam hal kecepatan dibandingkan dengan TCP, namun tidak dengan keandalan dalam pengiriman data.

Cara Kerja TCP dan UDP


Dalam penggunaan sehari - hari, TCP adalah protokol yang paling sering digunakan dalam transaksi data, dikarenakan metode pengirimannya yang menjamin sebuah data yang dikirimkan tersebut sampai dengan sempurna. Cara kerja protokol TCP adalah sebagai berikut.
  1. Sebuah server akan menerima sebuah permintaan data dari client, permintaan data akan diterima sesuai dengan antrian
  2. Server akan mengirimkan data yang diminta oleh client, proses pengiriman data ini akan dikirimkan 1 per 1 sesuai dengan antrian
  3. Setelah sebuah data terkirim, maka client akan memverifikasi data yang diberikan apakah sudah sepenuhnya berhasil atau belum
  4. Client akan melakukan permintaan pengiriman ulang data jika pada data yang dikirimkan terjadi kesalahan walaupun hanya 1 byte
  5. Jika data pertama sudah sepenuhnya terkirim, maka server akan melanjutkan mengirimkan data yang kedua
Berbanding terbalik dengan TCP, UDP memiliki metode pengiriman data yang berbeda, dalam mengirimkan sebuah data, protokol UDP akan mengirimkan data tidak secara berurutan, protokol UDP akan langsung mengirimkan sebuah data dengan jumlah yang sesuai dengan permintaan klien. Pada prokotol UDP, data yang kirimkan tidak akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu apakah data yang dikirimkan benar - benar sampai kepada client atau tidak.

Contoh pemakaian protokol UDP adalah pada platform video streaming, jika kalian sering menonton di youtube pasti kalian pernah mengalami dimana sebuah video mengalami buffering atau berhenti, namun suara dari video tersebut tetap berjalan seperti tidak mengalami buffering, nah dari contoh kasus ini menggambarkan sebuah UDP tidak mempedulikan sebuah data yang dikirimkan tersebut berurutan dan sampai pada client dengan sempurna, namun hanya mementingkan sebuah kecepatan dalam pengiriman data.

Perbedaan TCP dan UDP


Berdasarkan pengertian dan penjabaran cara kerja pada TCP dan UDP diatas, terdapat sebuah perbedaan antara TCP dan UDP, yaitu sebagai berikut.
  1. Dalam mengirimkan data, TCP memerlukan sebuah koneksi, sedangkan UDP tidak memerlukan koneksi
  2. TCP akan mengirimkaan kembali data jika terjadi kesalahn ataupun kegagalan dalam pengiriman data, sedangkan UDP hanya mengirimkan data namun tidak memverifikasi apakah data tersebut sampai dengan aman atau tidak
  3. TCP melakukan pengiriman data secara berurutan, sedangkan UDP tidak
  4. Kecepatan dalam melakukan transaksi data, UDP lebih unggul dibandingkan TCP
  5. Bobot TCP lebih berat dibandingkan dengan UDP

Seperti itulah penjelasan pada TCP dan UDP, dalam penggunaannya tentu masing - masing protokol memiliki kelebihan dan kekurangan, serta masing - masing protokol dapat berjalan dengan baik dan sangat dapat diandalkan jika digunakan sesuai dengan kemampuannya. 

Demikian yang dapat saya share pada artikel kali ini, tentu seorang manusia dapat memiliki kesalahan dan kekurangan, maka dari itu jika ada sesuatu yang salah pada artikel saya kali ini, silahkan koreksi pada kolom komentar, ataupun jika ada yang ingin ditanyakan dapat dituangkan dalam kolom komentar juga. Terimakasih!

Posting Komentar untuk "Apa itu TCP dan UDP Dalam Jaringan Komputer?"