Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Docker?

 Apa itu Docker? - Waktu dan teknologi selalu berjalan beriringan, dimana selalu banyak inovasi - inovasi yang dikembangkan terutama dalam dunia IT. Docker adalah sebuah teknologi yang saat ini sedang banyak digunakan oleh para praktisi IT dalam membangun sebuah aplikasi.

Docker Logo

Sebuah aplikasi tentu membutuhkan banyak sekali package yang digunakan dalam membangunnya. Beberapa tahun lalu, para praktisi menginstall masing - masing package pada server yang berbeda baik itu dalam bentuk fisik, ataupun virtual machine (vm). Namun saat ini terdapat teknologi container yang digunakan oleh docker untuk menginstall sebuah berbagai macam packages dalam sebuah server.

Docker adalah sebuah service yang dapat menjalankan sebuah packages service secara terisolasi didalam sebuah container. Makin banyak packages service yang dibutuhkan dalam membangun sebuah aplikasi, makin banyak juga container yang dijalankan oleh docker.

Apa bedanya dengan metode konvensional?


Tentu dengan membaca pembukaan saya diatas, kalian akan bertanya - tanya, lalu apa bedanya dengan menginstall masing - masing packages yang dibutuhkan dalam 1 server? ataupun apa bedanya dengan membuat banyak vm untuk menginstall masing - masing packages yang dibutuhkan?

Metode metode diatas ini biasa disebut metode konvensional, yang mana kita menyediakan sebuah server tersendiri untuk menjalankan packages yang dibutuhkan. Dengan menggunakan docker, yang sangat dapat dirasakan adalah penggunaan resource sebuah server saat menjalankan packages. Jika kita menggunakan vm untuk menginstall dan menjalankan banyak packages untuk sebuah aplikasi, maka akan banyak sekali resources sebuah server fisik yang digunakan karna kita juga perlu menyediakan resource untuk menjalankan OS dari vm itu sendiri. Jika kita menggunakan docker, kita membutuhkan resource sebuah server yang jauh lebih sedikit, karna kita hanya perlu menyediakan 1 server vm ataupun fisik dan diinstall service docker, setelah itu kita dapat menjalankan packages untuk aplikasi yang akan dibangun menggunakan container pada docker dengan resource minimum ataupun rekomendasi spesifikasi yang dibutuhkan oleh packages itu sendiri, dimana kita dapat menyesuaikan spesifikasi dari sebuah container untuk menjalankan packages. Agar dapat mudah dipahami, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Struktur VM & Docker

Apa kelebihannya?


Docker sangat berguna sekali dalam kalangan IT, dimana docker tersebut memiliki kelebihan sebagai berikut.

  • Konfigurasi yang sederhana
Hal ini menjadi kelebihan dimana kalian dapat mengubah konfigurasi hanya dengan mengubah environment, sehingga ini dapat memudahkan jika ingin membedakan mana container untuk development dan untuk production.

  •  Dapat digunakan pada berbagai sistem operasi
Docker sangat fleksible, dimana kalian dapat menjalankan docker dengan berbagai sistem operasi, mulai dari Linux, Windows, hingga MacOS.

  • Dapat digunakan pada beberapa platform cloud
Hal ini tentu menjadi kelebihan, karna dimana penggunaan akan menjadi sangat fleksibel dalam membagi - bagi port pada aplikasi.

  • Keamanan yang baik

Hal dalam keamanan pun dapat menjadi perhatian. Dimana yang sudah disebutkan diatas bahwa container tersebut terisolasi sehingga packages yang berjalan dalam sebuah container tidak akan memengaruhi container lain. Dan dalam memanajemen container pun dapat diatur hanya orang yang memiliki akses saja yang dapat melakukan perubahan.


Demikian sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan, dalam dunia IT yang bergerak sangat cepat ini tentu kita sebagai praktisi perlu selalu belajar untuk meningkatkan pengetahuan kita sehingga kita tidak tertinggal. Jadi itu yang bisa saya sharing kepada teman - teman terkait docker, selanjutnya akan saya buatkan tutorial terkait instalasi hingga penggunaan dari docker. Tetap semangat! 

Posting Komentar untuk "Apa itu Docker?"